PENERAPAN CHATBOT AUTO REPLY PADA WHATSAPP SEBAGAI PELAYANAN INFORMASI FIFGROUP MENGGUNAKAN ARTIFICIAL INTELEGENCE

Keywords:

Chatbot, Dialog Flow, Landbot, Whatsapp, Informasi FIFGROUP

Abstract

Abstrak − Chatbot adalah pesan robot yang otomatis akan berjalan seperti robot yang otomatis bergerak. Chatbot akan bisa membalas pertanyaan pengguna dengan materi yang telah ditentukan. Pada masa sekarang sudah banyak program chatbot yang telah berjalan dalam membantu melakukan kegiatan yang bersifat online untuk memudahkan berinteraksi dan memperoleh informasi dari suatu materi yang di ingikan respon dari chatbot bisa berupa jawaban langsung atau pun juga pilihan kata dan pilihan nomor terlebih dahulu sampai nanti akan sampai pada respon yang di inginkan konsumen. Dalam chatbot auto replay sebagai layanan informasi FIFGROUP ini menggunakan aplikasi platform landbot app dan bahasa dilaogflow dalam menganalisis pertanyaan yang akan diajukan oleh konsumen. Dan juga memanfaatkan aplikasi Whatsapp yang sudah banyak konsumen gunakan untuk komunikasi menggunakan android pada masa sekarang. Dan aplikasi penghubung ke whatsappnya adalah whatsauto. Karena chatbot ini nanti di program menyerupai customer virtual yang dapat setiap saat akan membantu berbagai kebutuhan tentang layanan informasi FIFGROUP

.

 

References

A. T. Nugraha, “APLIKASI PEMESANAN TRAVEL MENGGUNAKAN CHATBOT DENGAN MACHINE LEARNING SKRIPSI Oleh : ADHINDYA TRIGHA NUGRAHA,” p. 18, 2020, [Online]. Available:http://etheses.uin-Malang.ac.id/20994/1/15650125.pdf.

Eka Yuniar and Heri Purnomo, “Implementasi Chatbot ‘Alitta’ Asisten Virtual Dari Balittas Sebagai Pusat Informasi Di Balittas,” Antivirus J. Ilm. Tek. Inform., vol. 13, no. 1, pp. 24–35, 2019, doi: 10.35457/antivirus.v13i1.714.

I. N. S. Paliwahet, I. M. Sukarsa, and I. K. Gede Darma Putra, “Pencarian Informasi Wisata Daerah Bali Menggunakan Teknologi Chatbot,” Lontar Komput. J. Ilm. Teknol. Inf., vol. 8, no. 3, p. 144, 2017, doi: 10.24843/lkjiti.2017.v08.i03.p01.

F. Azwary, F. Indriani, and D. T. Nugrahadi, “Question Answering System Berbasis Artificial Intelligence Markup Language,” Kumpul. J. Ilmu Komput., vol. 04, no. 01, pp. 48–60, 2016.

Ananda Dwi, F. Imamah, Y. M. Andre, and Ardiansyah, “Aplikasi Chatbot (Milki Bot) Yang Terintegrasi Dengan Web CMS Untuk Customer Service Pada UKM MINSU,” J. Cendikia, vol. XVI, pp. 100–106, 2018.

A. Y. Chandra, D. Kurniawan, and R. Musa, “Perancangan Chatbot Menggunakan Dialogflow Natural Language Processing (Studi Kasus: Sistem Pemesanan pada Coffee Shop),” J. Media Inform.

Budidarma, vol. 4, no. 1, p. 208, 2020, doi: 10.30865/mib.v4i1.1505.

D. Christianto, E. Siswanto, and R. Chaniago, “Penggunaan Named Entity Recognition dan Artificial Intelligence Markup Language untuk Penerapan Chatbot Berbasis Teks,” J. Telemat., vol. 10, no. 2, p. 8, 2016.

M. Astiningrum et al., “Implementasi nlp dengan konversi kata pada sistem chatbot konsultasi laktasi,” J. Inform. Polinema, vol. 5, no. 1, pp. 46–52, 2018.

G. Guntoro, Loneli Costaner, and L. Lisnawita, “Aplikasi Chatbot untuk Layanan Informasi dan Akademik Kampus Berbasis Artificial Intelligence Markup Language (AIML),” Digit. Zo. J. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 11, no. 2, pp. 291–300, 2020, doi: 10.31849/digitalzone.v11i2.5049.

Published

2022-01-11

How to Cite

[1]
“PENERAPAN CHATBOT AUTO REPLY PADA WHATSAPP SEBAGAI PELAYANAN INFORMASI FIFGROUP MENGGUNAKAN ARTIFICIAL INTELEGENCE”, jintake, vol. 12, no. 2, Jan. 2022.