Fuzzy Logic Controller Sebagai Pengatur Kecepatan Motor Shunt
DOI:
https://doi.org/10.48056/jintake.v8i1.23Keywords:
Fuzzy Logic Controller, Motor Shunt, pengaturan kecepatanAbstract
Telah banyak penelitian pada motor shunt, karena kumparan penguat medan diparalel terhadap kumparan armatur. Motor DC shunt tidak terlalu membutuhkan banyak ruangan karena diameter kawat kecil, tetapi daya keluaran yang dihasilkan kecil karena arus penguatnya kecil. Metode Fuzzy Logic Control (FLC) telah banyak digunakan untuk optimasi suatu system. Penelitian ini membandingkan antara desain tanpa controller, dengan PID controller, dan FLC controller. Dari ketiga desain, menunjukkan bahwa desain control Fuzzy Logic Controller terbaik dari ketiga desain dengan besar putaran 300.0 rpm dengan settling time 1.702 detik dan besar Arus Rotor Motor Shunt (A) sebesar 1.9598 A, dengan setling time 1.323 detik. Penelitian ini akan dikembangkan menggunakan metode kecerdasan buatan lainnya
References
Markhaban Siswanto, Mohammad Hasib Al Isbilly, Asnun Parwanti, and Machrus Ali, “Pengaturan Debit Air Berdasarkan Volume Air Dalam Tangki Berbasis Imperalis Competitive Algorithm (ICA)”, jintake, vol. 8, no. 2, pp. 78-85, Oct. 2017.
Machrus Ali, Budiman, Yanuangga Gala Hartlambang, and Dwi Ajiatmo, “Fuzzy Logic Controller Sebagai Pengatur Kecepatan Motor Shunt”, jintake, vol. 8, no. 1, pp. 11-16, Apr. 2017.
Machrus Ali and Miftachul Ulum, “Penataan Kembali Jaringan Distribusi Radial Menggunakan Modified Firefly Algorithm (MFA) Pada Penyulang Jogorogo Ngawi”, jintake, vol. 8, no. 2, pp. 86-91, Oct. 2017.
Machrus Ali, Izzatul Umami, and Hendi Sopian, “Particle Swarm Optimization (PSO) Sebagai Tuning PID Kontroler Untuk Kecepatan Motor DC ”, jintake, vol. 7, no. 1, pp. 10-20, Apr. 2016.
Machrus Ali, Muhlasin, and Budiman, “Optimasi PID Controller Pada Pada Mikrohidro Dengan Tuning PSO”, jintake, vol. 7, no. 1, pp. 40-54, Apr. 2016.
Muhammad Ruswandi Djalal and Machrus Ali, “Metode Particle Swarm Optimization Untuk Mengontrol Frekuensi Pada Hibrid Wind-Diesel ”, jintake, vol. 7, no. 2, pp. 1-13, Oct. 2016.
Yanuangga Gala Hartlambang, Machrus Ali, and Agus Raikhani, “Unjuk Kerja Metode Imperalistt Competitive Alghorithm (ICA)Dalam Mengoptimalkan Kecepatan Motor DC ”, jintake, vol. 6, no. 1, pp. 52-67, Apr. 2015.
Hidayatul Nurohmah and Machrus Ali, “Performansi Thyristor Controlled Series Capacitor (TCSC) Pada Saluran Transmisi Menggunakan Bahasa Pemrograman PSAT”, jintake, vol. 4, no. 2, pp. 62-74, Oct. 2013.
Machrus Ali, Izzatul Umami, and Hendi Sopian, “Optimisasi Steering Control Mobil Listrik Auto-Pilot Menggunakan Metode Ant Colony Optimization (ACO)”, jintake, vol. 6, no. 1, pp. 34-50, Apr. 2015.
Muhlasin, Machrus Ali, and Rukslin, “Desain Optimasi Kecepatan Motor Dc Menggunakan PID (Proportional Integral Derivative) Cotroller Dengan Metode Auto-Tuning Matlab”, jintake, vol. 6, no. 1, pp. 21-33, Apr. 2015.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2017 Jurnal Intake

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.






