SIMULASI PROTEUS ATAP STADION AUTOMATIC BERBASIS ARDUINO DENGAN MENGGUNAKAN SENSOR HUJAN DAN SENSOR LDR

Main Article Content

Ahmad Fauzan

Abstract

Perubahan iklim tropis di indonesia yang sering mengalami kondisi hujan yang bekepanjangan, sehingga sangat sulit untuk mengetahui cuaca akan hujan dan cuaca cerah. Hal ini sering menjadi permasalahan bagi penyelnggara event sepak bola terutama di Indonesia pada saat musim hujan cukup deras bekepanjangan sehingga menyebabkan genangan air hujan pada lapangan sepak bola menghabat suatu pertandingan yang menyebabkan pemberhentian sementara pada petandingan. Maka dari itu perlu adanya inovasi baru, dengan memanfaatkan teknologi yang semakin berkembang saat ini perlu adanya sebuah system atap buka tutup otomatis demi kenyaman pada suartu pertandingan, dengan menggunakan sensor LDR dan sensor hujan yang terpasang disekitar atap stadion. Sensor LDR akan membaca kondisi cahaya terang dan gelap, sensor LDR juga akan mengaktifkan lampu stadion apabila kondisi gelap, sedangkan sensor hujan akan mendeteksi turunya hujan Ketika menerima tetesan air dengan nilai kurang dari 300 RH yang akan terbacapa pada LCD, maka mootor akan aktif serta menutup atap stadion, namun sebaliknya Ketika sensor hujan menerima tetesan air lebih dari 300RH pada LCD maka secara otomatis atap stadion akan terbuka Kembali. Kedua sensor tersebut dikendalikan oleh system mikrokontroler Atmega 328P. Pada saat mikrokontroler menerima input dari sensor hujan dan sensor LDR, maka mikrokontroler memproses dan mengirim data ke driver motor untuk membuka atau menutup atap stadion secara otomatis serta menyalahkan lampu stadion pada kondisi gelap. Sistem tersebut juga bisa dikendalikan secara manual dan otomatis. Manual yang dimaksudh merupakan buka tutup pada atap stadion yang dikontrol langsung oleh manusia

Article Details

How to Cite
[1]
A. Fauzan, “SIMULASI PROTEUS ATAP STADION AUTOMATIC BERBASIS ARDUINO DENGAN MENGGUNAKAN SENSOR HUJAN DAN SENSOR LDR ”, jeetech, vol. 2, no. 2, pp. 84-90, Dec. 2021.
Section
Articles

References

Suryanto and E. S. R. Atmaja, “Atap Otomatis Tanaman Hidroponik Berbasis Mikrokontroler ATMega 89s52,” JITK (Jurnal Ilmu Pengetah. dan Teknol. Komputer), vol. 3, no. 1, pp. 95–104, 2017.

Y. Hendrian, Y. P. Yudatama, and V. S. Pratama, “Jemuran Otomatis Menggunakan Sensor LDR, Sensor Hujan Dan Sensor Kelembaban Berbasis Arduino Uno,” J. Tek. Komput. AMIK BSI, vol. VI, no. 1, pp. 21–30, 2020, doi: 10.31294/jtk.v4i2.

V. S. Pratama and Y. P. Yudatama, “Prototype Jemuran Otomatis Menggunakan Sensor LDR, Sensor Hujan Dan Sensor Kelembapan Berbasis Arduino Uno,” J. Ilmu Pengetah. dan Teknol. Komput., vol. 4, no. 1, pp. 91–98, 2018.

D. Siswanto and S. Winardi, “Jemuran Pakaian Otomatis Menggunakan Sensor Hujan dan Sensor LDR Berbasis Arduino Uno,” J. Nar., vol. 1, no. 2, pp. 66–73, 2015.