Pengembangan E-Modul Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Teknologi Jaringan Berbasis Luas (WAN)
DOI:
https://doi.org/10.32492/jeetech.v4i2.4202Keywords:
E-Module, Android, Wide-based Network Technology (WAN)Abstract
ABSTRACT
Technology has an important role in realizing an innovative, creative and modern learning system, one of which is the E-module. This Android-based E-Module is a form of technological progress in education. The rapid development of technology encourages the replacement of printed modules and their presentation is transformed into electronic form, giving birth to a new term, namely electronic module or better known as E-module (Winatha, 2018).
Development of Android-Based E-Modules in Broad-Based Network Technology Subjects for Class XI Vocational High School students the author did for the reason that students experienced difficulties in participating in learning. With the E-Module it is hoped that students can improve their learning methods, and help make it easier to understand the material before practice. The development of this E-Module is in the form of an application that will be more accessible. The model used in this study is the ADDIE Model (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation).
Thus students who experience difficulties in participating in learning activities are expected to be able to improve their learning methods, increase student learning motivation on broad-based network technology competency standards (WAN) in the competence of Computer and Network Engineering expertise in Vocational High Schools. In addition, it is hoped that this E-Module can facilitate the lack of learning resources and help make it easier to understand the material before practice.
ABSTRAK
Teknologi memiliki peranan yang cukup penting untuk mewujudkan sistem belajar yang inovatif, kreatif dan modern salah satunya dengan adanya E-modul. E-Modul berbasis Android ini merupakan salah satu wujud dari kemajuan teknologi dalam pendidikan. Perkembangan teknologi yang semakin pesat mendorong tergantikannya modul cetak ditransformasikan penyajiannya ke dalam bentuk elektronik sehingga melahirkan istilah baru yaitu modul elektronik atau yang lebih dikenal dengan istilah E-modul (Winatha, 2018).
Pengembangan E-Modul Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Teknologi Jaringan Berbasis Luas (WAN) Siswa Kelas XI SMK penulis lakukan dengan alasan karena peserta didik yang mengalami kesulitan dalam mengikuti pembelajaran. Dengan adanya E-Modul diharapkan peserta didik dapat memperbaiki cara belajarnya, dan membantu mempermudah pemahaman materi sebelum praktek.Pengembangan E-Modul ini berupa aplikasi yang akan lebih mudah diakses. Model yang dipakai dalam penelitian ini ialah Model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementaion, dan Evaluation).
Peserta didik yang mengalami kesulitan dalam mengikuti kegiatan pembelajaran diharapkan dapat memperbaiki cara belajarnya, meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada standar kompetensi teknologi jaringan berbasis luas (WAN) pada kompetensi keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di SMK. Selain itu diharapkan E-Modul ini dapat memfasilitasi minimnya sumber belajar dan membantu mempermudah pemahaman materi sebelum praktek.
References
H. Suwardana, “Revolusi Industri 4. 0 Berbasis Revolusi Mental,” JATI UNIK J. Ilm. Tek. dan Manaj. Ind., vol. 1, no. 2, pp. 109–118, 2018, doi: 10.30737/jatiunik.v1i2.117.
Ricu Sidiq and Najuah, “Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android pada Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar,” J. Pendidik. Sej., vol. 9, no. 1, pp. 1–14, 2020, doi: 10.21009/jps.091.01.
T. R. Padwa and P. N. Erdi, “Penggunaan E-Modul Dengan Sistem Project Based Learning,” Jav. J. Vokasi Inform., pp. 21–25, 2021, doi: 10.24036/javit.v1i1.13.
E. Cahyadi, Y. Dwikurnaningsih, and N. Hidayati, “Peningkatan hasil belajar tematik terpadu melalui model project based learning pada siswa sekolah dasar,” J. Ris. Teknol. dan Inov. Pendidik., vol. 2, no. 1, pp. 205–218, 2019.
A. F. Febriyanti, A. S. Susanta, and A. M. Muktadir, “Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Pembelajaran Tematik Muatan Pelajaran IPA Peserta Didik Kelas V SD Negeri,” J. Pembelajaran dan Pengajaran Pendidik. Dasar, vol. 3, no. 2, pp. 176–183, 2020, doi: 10.33369/dikdas.v3i2.14130.
Y. C. Chang, J. W. Li, and D. Y. Huang, “A Personalized Learning Service Compatible with Moodle E-Learning Management System,” Appl. Sci., vol. 12, no. 7, 2022, doi: 10.3390/app12073562.
E. Sugiharyanti, “Penerapan Model Project Based Learning Berbantuan Moodle E-Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Inggris,” Ideguru J. Karya Ilm. Guru, vol. 7, no. 2, pp. 212–220, 2022, doi: 10.51169/ideguru.v7i2.364.
S. A. Aliyah and P. N. Y. Hidayanti, “Pembelajaran Bahasa Arab dengan Menggunakan E-Learning Berbasis Moodle,” Aphorisme J. Arab. Lang. Lit. Educ., vol. 3, no. 1, pp. 80–95, 2022, doi: 10.37680/aphorisme.v3i1.1447.
P. Krishnan, “A review of the non-equivalent control group post-test-only design,” Nurse researcher, vol. 26, no. 2. pp. 37–40, 2019. doi: 10.7748/nr.2018.e1582.
A. Rantika, “Pengembangan Media Pembelajaran Kartu Kata Untuk Menanamkan Karakter Disiplin Dan Kreatif Pada Peserta Didik Kelas 1 Sd/Mi,” Skripsi, 2022.
. G. B. S., . I. K. R. A. S. T. . M. K., and . N. S. S. P. . M. P., “Pengembangan E-Modul Pada Mata Pelajaran Pemrograman Perangkat Bergerak Kelas Xii Rekayasa Perangkat Lunak Berbasis Project Based Learning Di Smk Negeri 2 Tabanan,” Kumpul. Artik. Mhs. Pendidik. Tek. Inform., vol. 6, no. 1, p. 203, 2017, doi: 10.23887/karmapati.v6i1.9566.
R. Fadli and M. Hakiki, “Validitas Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Komputer Dan Jaringan Dasar Di Sekolah Menengah Kejuruan,” J. Inov. Pendidik. dan Teknol. Inf., vol. 1, no. 1, pp. 9–15, 2020, doi: 10.52060/pti.v1i1.302.
Novi Ari Saputro, “Manajemen Bandwidth Melalui IP Filter Mikroktik Hap Lite di FT UNISKA,” J. JEETech, vol. 2, no. 2, pp. 54–59, Nov. 2021, doi: 10.48056/jeetech.v2i2.178.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2023 Jurnal JEETech
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.