Rancang Bangun Prototype Alat Pengusir Tikus Dengan Pemanfaatan Gelombang Ultrasonik Berbasis Internet Of Things

Main Article Content

Tijaniyah
Sabda Alam Arzenda

Abstract

Tikus merupakan hewan pengerat yang mendatangkan kerugian, baik di rumah maupun industri. Tikus yang berkeliaran di dalam rumah (Rattus rattus, Rattus tanezumi dan jenis lain) merupakan hal yang cukup menjengkelkan bagi banyak orang. Namun dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini, terutama di bidang elektronika terdapat salah satu sistem yang ditawarkan untuk mengusir tikus yaitu teknologi suara ultrasonic, maka dari itu penelitian ini bertujuan merancang alat pengusis tikus dengan pemanfaatan gelombang ultrasonic berbasis internet of things Jenis penelitian yang akan digunakan pada penelitian ini adalah metode observasi berupa eksperimen dari prototype alat pengusir tikus yang akan dirancang, selain itu penelitian ini juga akan menggunakan metode studi pustaka dengan membaca jurnal sebagai referensi untuk mendapatkan metode terbaik yang digunakan/dikombinasikan dalam perancangan prototype alat pengusir tikus dengan pemanfaatan gelombang ultrasonic berbasis internet of things (IoT).Dari rangkaian pengujian yang dilakukan, melihat tingkat keberhasilan pencapaian kriteria pengujian. Maka dapat disimpulkan alat ini cukup untuk mengusir hama tikus dengan suara ultrasonik. Hanya saja, penerapan pengusiran hama tikus menggunakan suara ultrasonik ini kurang memberi dampak terhadap hama tikus secara langsung, dikarenakan berdasarkan pengujian yang dilakukan, perlu beberapa waktu untuk tikus dapat terpengaruh atau terganggu dengan suara ultrasonik. Rancang bangun prototype alat pengusir tikus dengan pemanfaatan gelombang ultrasonik berhasil dilakukan dengan menggunakan sensor PIR sebagai pendeteksi gerakan tikus, Sensor sebagai masukan yang dibaca oleh mikrokontroller yang kemudian diolah dan dikirimkan ke Blynk mealui konektifitas internet. Hasil pengujian pembangkit suara ultrasonik menunjukkan mampu membuat tikus terganggu dengan delay beberapa detik. Respon relay untuk menanggapi perintah dari Blynk adalah sebesar 1 detik

Article Details

How to Cite
Tijaniyah, & Sabda Alam Arzenda. (2022). Rancang Bangun Prototype Alat Pengusir Tikus Dengan Pemanfaatan Gelombang Ultrasonik Berbasis Internet Of Things. Jurnal JEETech, 3(2), 57-63. https://doi.org/10.48056/jeetech.v3i2.194
Section
Articles

References

Bana, M. S. ( (2020)). Rancang Bangun Alat Pengusir Tikus Dan Burung Pada Tanaman Padi Berbasis Tenaga Surya. Jurnal Elektronika, Listrik, Telekomunikasi, Komputer, Informatika, Sistem Kontrol (J-Eltrik), 2(1).

Baskoro, F. N. (2021). Studi literatur: pemanfaatan gelombang ultrasonik sebagai perangkat pengusir tikus. Jurnal teknik elektro, 10(2), 325-331.

Daulay, A. K. (2021). Ekstraksi daun sirsak (annona muricata l) dalam pengendalian binatang pengganggu tikus rumah. medan: poltekkes kesehatan kemenkes medan jurusan kesehatan lingkungan.

Fauzan, M. F. (2021). Implementasi alat pengusir hama sawah dengan cara tradisional dan modern bertenaga surya menggunakan sensor PIR berbasis Android. Jurnal Sains Indonesia, 2(3), 129-140.

Fawaiz, S. P. (2019, December). Peningkatan Intensitas Gelombang dengan Transmitter Ultrasonik untuk Mengusir Nyamuk dan Tikus. In SNPF (Seminar Nasional Pendidikan Fisika).

Fitriani, I. M. (2016). Sistem Pengusir Tikus Berbunyi Jangkrik Pada Tanaman Padi Bertenaga Surya. SENTIA, 8(2).

Hidayat, H. T. (2019). Rancang Bangun Prototipe Pengusir Hama Tikus dan Burung Berbasis Internet of Things (IoT). In Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri (pp. (Vol. 3, No. 1, p. 235).). Lhokseumawe: Politeknik Negeri Lhokseumawe.

Khumaidi, A. &. (2020). Rancang Bangun Prototipe Pengusir Hama Burung Menggunakan Sensor Gerak RCWL Microwave Berbasis Internet of Things. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, 11(2), 560-567.

Khumaidi, A. (2020). Prototipe Alat Pengusir Burung pada Gedung Berbasis Internet of Things menggunakan Sensor RCWL. Ilk. J. Ilm, 12(2), 162-167.

Mangesti, A. P. (2020. ). “Rancang Bangun Alat Pembersih Dan Informasi Mengenai Kualitas Udara Berbasis Internet Of Things (Hardware).” . http://eprints.polsri.ac.id/10172/.

Nair, P. N. (2017). Design and development of variable frequency ultrasonic pest repeller. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems,, 9(Special Issue 12), hal. 22–34.

Natsir, M. D. (2019). “Implementasi IOT Untuk Sistem Kendali AC Otomatis Pada Ruang Kelas Di Universitas Serang Raya.” . Jurnal PROSISKO (Pengembangan Riset dan Observasi Rekayasa Sistem Komputer), 6(1): 69–72.

Pratama, H. A. (2019). Rancang Bangun Alat Pengusir Hama Monyet Dan Tikus Di Ladang Jagung Berbasis Arduino. Junal ITN Malang,, 12.

Putri, T. K. (2021). Implementasi perangkat pengusir hewan menggunakan ultrasonik generator di area switchyard pt. Pln (persero) gardu induk mariana berbasis internet of things. Electro National Conference. Palembang: Politeknik Negeri Sriwijaya.

Putri, T. K. (2021, June). . Implementasi perangkat pengusir hewan menggunakan ultrasonik generator di area switchyard pt. Pln (persero) gardu induk mariana berbasis internet of things. In Electro National Conference (ENACO) (pp. (Vol. 1, No. 1 Juni, pp. 64-74).). Politeknik Negeri Sriwijaya.

Rukmana, S. T. (2019). Prototype Alat Pendeteksi Dan Pengusir Tikus Pada Pembibitan Kelapa Sawit Berbasis Arduino Uno. Jurnal Kumparan Fisika, 2(1), hal. 9–16. doi: 10.33369/jkf.2.1.9-16.

Supyandi, O. (2019). Rancang Bangun Alat Pengukur Emisi Gas Buang Pada Kendaraan Bermotor Menggunakan Sensor Mq 7 Dengan Standar Euro 3 Berbasis Arduino.

Supyandi, O. (2019.). “Rancang Bangun Alat Pengukur Emisi Gas Buang Pada Kendaraan Bermotor Menggunakan Sensor Mq 7 Dengan Standar Euro 3 Berbasis Arduino.”.

Syauqi, A. R. (2021). Prototipe Pengusir Hama Tanaman Padi Berbasis Arduino Uno Dengan Energi Alternatif SolaR CELL. Computing Insight: Journal of Computer Science, 2(2).